Rofiqoh, Nurul Aini (2018) PENGEMBANGAN LKS FIQIH MATERI ZIKIR DAN DOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS II MADRASAH IBTIDAIYYAH. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rasa jenuh yang dialami siswa karena media pembelajaran yang selalu bersifat monoton sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui model LKS fiqih sebelum dikembangkan, 2) mengetahui hasil ahir pengembangan LKS fiqih berbasis buku saku materi zikir dan doa, 3) mengetahui evektifitas penggunaan pengembangan LKS fiqih materi zikir dan doa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development. Prosedur pengembangan ini melalui beberapa tahap yaitu: 1) pengumpulan informasi dan penelitian awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) Uji lapangan awal, 5) revisi produk, 6) uji lapan gan utama, 7) revisi produk operasional, 8) ujicoba lapangan, 9) revisi produk ahir, 10) Produksi massal. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk menguji kualitas LKS Fiqih. Penilaian kualitas LKS Fiqih dilakukan oleh ahli LKS, ahli materi dan tanggapan siswa MI kelas II. Penilaian hasil belajar siswa dapat dilihat dari pretest dan postest. Penelitian pengembangan ini menghasilkan: 1) hasil produk LKS Fiqih berupa materi, tugas dan latihan soal, kata mutiara, kisah inspiratif, informasi tambahan dan kolom penilaian hafalan. 2) Hasil validasi ahli LKS kualitas LKS Fiqih memperoleh presentase penilaian 4,6% dengan kategori sangat baik. Dan hasil validasi dari ahli LKS memperoleh presentase penilaian 4,4% dengan kategori sangat baik juga. 3) sedang kan hasil observasi belajar siswa dengan menggunakan LKS Fiqih presentasenya yaitu, 87,5% hal ini membuktikan bahwa penggunaan LKS Fiqih berbasis buku saku dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI kelas II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 08:14 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 08:14 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1207 |
Actions (login required)
View Item |