Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT ALFIRDAUS 2 SEMARANG

Ifatul, Laili (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT ALFIRDAUS 2 SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi pokok permasalahannya adalah 1) Bagaimana pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan melalui model cooperative learning tipe tebak kata di SDIT Al Firdaus 2 Semarang? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa di SDIT Al Firdaus 2 Semarang? 3) Adakah pengaruh model cooperative learning tipe tebak kata dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Al Firdaus 2 Semarang? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe tebak kata terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDIT Al Firdaus 2 Semarang.Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental , yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan jalan peneliti langsung terjun ke tempat fenomena terjadi. Setelah diadakan penelitian, maka peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) Penggunaan model cooperative learning tipe tebak kata di SDIT Al Firdaus 2 Semarang dengan nilai rata-rata 39,78 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini didasarkan pada hasil angket yang disebarkan kepada para siswa. 2) Motivasi belajar siswa di SDIT Al Firdaus 2 Semarang dengan nilai rata-rata 88,40 termasuk dalam kategori baik. Hal ini didasarkan pada hasil angket yang disebarkan kepada para siswa. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan penggunaan model cooperative learning tipe tebak kata dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Al Firdaus 2 Semarang. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, dengan menggunakan rumus korelasi product momentyang hasilnya sebagai berikut : rt pada taraf signifikan 5% = 0,325, rt pada taraf signifikan 1% = 0,418. Sedangkan rxy = 0,43 , jadi hasil diatas menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rt (r xy> r tabel) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara penggunaan model cooperative learningtipe tebak kata dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan terhadap motivasi belajar siswa di SDIT Al Firdaus 2 Semarang.Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. iv

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:54
Last Modified: 15 Aug 2018 07:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item