Himmatul, Amalia (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA “PEMBULUH NADI/ ARTERI” PADA SISWA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO KECAMATAN SEMARANG BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (77MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Salaman Mloyo Semarang Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan adanya penelitian ini, penulis hendak meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Learning pada materi Peredaran Darah Manusia Kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang Barat. Rumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Quantum Learning pada materi Peredaran Darah Manusia “Pembuluh Nadi/ Arteri” di kelas V SDN Salaman Mloyo kecamatan Semarang Barat tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Salaman Mloyo dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning pada materi Peredaran Darah Manusia “Pembuluh Nadi/ Arteri”? (3) Apakah dengan penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Peredaran Darah Manusia “Pembuluh Nadi/ Arteri” siswa kelas V SDN Salaman Mloyo kecamatan Semarang Barat? Model pembelajaran Quantum Learning yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Pada model pembelajaran ini meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Proses dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini pada materi Peredaran Darah Manusia dapat diamati dari adanya peningkatan hasil nilai tes siswa dalam pembelajaran. Siswa dikatakan tuntas apabila nilai di atas 65. Dan kegiatan siklus dikatakan berhasil apabila siswa mendapatkan nilai ketuntasan sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan melihat prosentase ketuntasan siswa dari 30% menjadi 55%, kemudian dari 55% menjadi 75%, hingga pada akhirnya prosentase mencapai 90%. Adapun dari hasil tersebut nilai rata-rata dapat ditunjukkan dari 53,5 pada tahap pra siklus menjadi 65,5 pada siklus I, selanjutnya menjadi 73,5 pada siklus II, dan pada akhirnya menjadi 83 pada siklus III.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 07:49 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 07:49 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1200 |
Actions (login required)
View Item |