ACHMAD, MUSAFAK (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
Cover.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (800kB) | Preview |
Abstract
Nilai-nilai nasionalisme dewasa ini semakin rapuh. Hal ini disebabkan gejala globalisasi yang mempersempit rasa cinta tanah air, karena melemahnya kontrol diri bagi setiap warga negara. Faktor lainnya adalah gejala Islam radikal yang acapkali menjadi keresahan nasional, serta fenomena degradasi moral bangsa Indonesia. Maka, penanaman nilai-nilai nasionalisme patut ditanamkan kembali bagi generasi muda. Berdasarkan deskripsi tersebut, peneliti tertarik melakukan penyelidikan dengan rumusan masalah: Bagaimana penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang?, Apa yang menjadi kendala dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang?, dan bagaimana strategi penanaman nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukkan hasil antara lain: Pertama, implementasi penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran di pesantren adalah dengan memberikan pemahaman kerangka dasar hubbul wathan, dan melaksanakan konsep-konsep hubbul wathan, yakni melalui kegiatan pembelajaran di lingkungan pesantren. Kedua, kendala penanaman nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang, yakni kurangnya pemahaman ustadz tentang wawasan nasionalisme, serta terbatasnya Sumberdaya Manusia (SDM) sebagai pendidik. Ketiga, Strategi dalam mengatasi kendala penanaman nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Susukan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang antara lain dengan membuka ruang bagi inteletual muda untuk memberi materi nasionalisme, menggiatkan kegiatan bertemakan nasionalisme dan bekerjasama dengan pengurus untuk menjalankan nilai-nilai nasionalisme di lingkungan pesantren.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 03:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 03:04 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
View Item |