Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN BUNGA POTONG KRISAN (Chrysanthemum) (Studi Kasus di Kelompok Tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang)

Evi Rindiani, Evi (2017) ANALISIS PEMASARAN BUNGA POTONG KRISAN (Chrysanthemum) (Studi Kasus di Kelompok Tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, efisiensi pemasaran dan rasio keuntungan tiap lembaga pemasaran bunga potong krisan di Kelompok Tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Agustus 2017. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis dan studi kasus. Sedangkan pengambilan sampel lokasi menggunakan purposive sampling, sampel responden petani(24 orang) dengan purposive sampling, sampel pedagang secara snowball sampling dan sampel konsumen akhir menggunakan metode sampling aksidental. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga pola saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran tingkat 0 (petani-konsumen akhir), saluran tingkat I (petani-pengecer-konsumen akhir), serta saluran II (petanipengempul-pengecer-konsumen akhir). Tingkat efisiensi pemasaran pada saluran 0 (1,30 %), saluran I (4,32%), dan saluran II (4,79%), dilihat dari nilai efisiensi ketiga saluran pemasaran tersebut dapat dikatakan efisien. Rasio keuntungan per ikat (10 tangkai) tiap lembaga pemasaran berbeda-beda berdasarkan biaya pemasaran dan nilai produk yang dipasarkan yaitu produsen (Rp. 39,16), pengempul (Rp. 21,20) serta pengecer (Rp. 10,98). Kata kunci : bunga potong krisan, saluran pemasaran, efisiensi, rasio keuntungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:14
Last Modified: 03 Jan 2018 02:14
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item