Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN KERIPIK TEMPE DI DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

ARINDA AFIF PRATIWI, ARINDA (2017) ANALISIS PEMASARAN KERIPIK TEMPE DI DESA LEREP KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui banyaknya saluran pemasaran, besarnya margin pemasaran dan efisiensi pemasaran keripik tempe di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Penentuan daerah sampel dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Adapun jumlah responden sebanyak 15 responden. Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis biaya dan margin pemasaran tiap saluran pemasaran, analisis efisiensi pemasaran keripik tempe tiap saluran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran keripik tempe. Saluran I terdiri dari: Produsen – Konsumen Akhir, Saluran II terdiri dari: Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir dan Saluran III terdiri dari: Produsen – Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Total nilai margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp. 4.380, saluran II sebesar Rp. 4.500,- dan saluran III sebesar Rp. 4.500. Biaya pemasaran yang timbul pada saluran I sebesar Rp. 120, pada saluran II sebesar Rp. 513 dan pada saluran III sebesar Rp. 815. Pemasaran keripik tempe sudah menunjukkan nilai yang efisien. Hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran tiap saluran adalah saluran I sebesar 0,26%, saluran II sebesar 1,18%, dan saluran III sebesar 1,87%. Saluran II adalah saluran yang efisien dalam pemasaran keripik tempe sehari – hari. Kata Kunci: Keripik Tempe, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:07
Last Modified: 03 Jan 2018 02:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item