Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS PEMASARAN TEPUNG TAPIOKA (Studi Kasus Di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati)

ANANG JAMALUDDIN RIYAD, ANANG (2017) ANALISIS PEMASARAN TEPUNG TAPIOKA (Studi Kasus Di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran distribusi pemasaran tepung tapioka, fungsi pemasaran tepung tapioka, besarnya margin pemasaran dari seriap saluran pemasaran tepung tapioka di Desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan alasan populasi pengusaha tepung tapioka yang tinggi dibandingkan daerah sekitar di Kecamatan Margoyoso. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling untuk responden produsen/pengusaha tepung tapioka dan snowball sampling digunakan untuk responden lembaga pemasaran. Responden yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 15 produsen, 5 pedagang pengecer, 5 pedagang besar, 5 pedagang pengumpul dan 14 konsumen akhir. Analisis data yang digunakan adalah Analisis pemasaran yang terdiri saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola saluran pemasaran tepung tapioka yaitu: Saluran I : Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen, Saluran II : Produsen – Pedagang besar – Pedagang Pengecer – Konsumen dan Saluran III : Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang besar – Pabrik. Fungsi pemasaran yang di jalankan oleh lembaga pemasaran diantaranya meliputi fungsi penjualan, fungsi pengemasan, fungsi sortasi, fungsi informasi pasar. Pada saluran pemasaran I total biaya pemasaran Rp 688,2 per kg, total margin pemasaran Rp 2.000 per kg, dan marjin keuntungan Rp 1.311 per kg. Untuk saluran pemasaran II total biaya pemasaran Rp 752,2 per kg,total margin pemasaran Rp 2.200 per kg, dan marjin keuntungan Rp 447.8 per kg. Pada saluran III total biaya pemasaran Rp 325,4 per kg, total margin pemasaran sebesar Rp 1.747 per kg dan marjin keuntungan Rp 1.421 per kg. Kesimpulan dari 3 saluran pemasaran tersebut yang lebih efisien adalah saluran I karena margin keuntungan lebih tinggi dari saluran II dan saluran III. Kata kunci : Analisis Pemasaran, Fungsi pemasaran, Margin pemasaran, tepung tapioka, Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2018 07:52
Last Modified: 02 Jan 2018 07:52
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item