Ida Noor Hidayah, Ida Noor Hidayah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUS SHIBYAN PEDURUNGAN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Untuk menumbuhkan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika agar mencapai prestasi yang diharapkan, tentunya guru dituntut harus mampu menyajikan materi dengan menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk menarik perhatian siswa yaitu dengan menggunakan media dan alat peraga yang sesuai dengan materi dan usia. Dengan alasan-alasan yang disampaikan di atas maka penulis berupaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dengan mengadakan penelitian dengan tujuan untuk menemukan solusi bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya matematika materi operasi hitung pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatus Shibyan Kecamatan Pedurungan Semarang. Adapun pelaksanaan tindakan adalah guru kelas V dan peneliti sendiri. Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatus Shibyan Pedurungan Semarang pada siswa kelas V dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 17 siswa laki -laki. Penelitian ini dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan objek penelitian ini adalah keseluruhan proses serta hasil pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Metode pengumpulan data melalui pendekatan observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan analisis kuantitatif statistik diskriptif yaitu dengan menentukan skor rata-rata dan prosentase pada setiap siklus. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa (1) Hasil prestasi belajar siswa kelas V pada pra siklus nilai rata -ratanya adalah 58,57 dengan ketuntasan belajar klasikal diperoleh 32% hasil ini termasuk dalam kategori kurang karena rata-ratanya masih jauh di bawah KKM yaitu 7,0 serta prosentase ketuntasannya kurang dari 80%. Untuk siklus I pada nilai rataratanya adalah 68,21, pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 46 %. Pada tahap perbaikan siklus 1 terdapat peningkatan hasil prestasi belajar siswa karena pembelajaran telah menggunakan alat peraga sehingga tingkat pemahaman konsep sudah meningkat meskipun hasilnya belum mencapai target yang diharapkan. Untuk siklus II pada nilai rata-ratanya adalah 83,03. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 96%. Hasil pada siklus II ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan alat peraga dinyatakan berhasil karena rata -rata nilai telah melampaui KKM dan ketuntasan klasikal 96% berarti mencapai target yang diinginkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:12 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:12 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/847 |
Actions (login required)
View Item |