Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATORIS PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I DI MI DARUL MUBTADIIN PUTAT KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AGUS MUNTAFI, AGUS MUNTAFI (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATORIS PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I DI MI DARUL MUBTADIIN PUTAT KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Kemampuan Belajar IPS, Kenampakan Alam Negara-negara Tetangga, Pendekatan Partisipatoris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Meningkatkan kemampuan belajar IPS tentang Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga melalui pendekatan partisipatoris pada siswa kelas VI semester I MI Darul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2015/2016. 2). Pendekatan partisipatoris dapat meningkatkan kemampuan belajar IPS tentang Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga, pada siswa kelas VI semester I MI Darul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di MI Darul Mubtadiin Putat Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan pada bulan Nopember sampai Desember 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI. Rancangan penelitian melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Berdasarkan tindakan kelas putaran I dari hasil belajar siswa yang diukur dengan tes formatif baru 10 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan guru yaitu 60. Untuk Kompetensi Dasar ”Mendiskripsikan Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-negara tetangga” dengan penggunaan metode quetioning, hasilnya belajar siswa belum maksimal (2) Berdasarkan tindakan kelas putaran kedua dengan menghadirkan model dalam proses pembelajaran, hasil belajar 16 siswa dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa dan memberikan dorongan kepada siswa agar senantiasa meningkatkan prestasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jul 2017 01:56
Last Modified: 12 Jul 2017 01:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item