Qomaruddin, Qomaruddin (2017) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES PESERTA DIDIK KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
Cover dan Halaman Awal.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB III.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB IV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi (penjasorkes) melibatkan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar penjasorkes siswa. Diantara faktor eksternal yaitu profesionalitas guru dan faktor internal yaitu kreativitas siswa. Profesionalitas guru dan kreativitas siswa MAN Purworejo berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara profesionalitas guru dan kreativitas siswa dengan prestasi belaj ar siswa kelas X MAN Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan dua variabel bebas, yaitu profesionalitas guru dan kreativitas siswa, dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Data profesionalitas guru dan kreativitas siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar penjasorkes siswa diperoleh melalui studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dan dianalisis regresi berganda. Hasil analisis deskripsi data penelitian diperoleh bahwa profesionalitas guru dengan kriteria sangat baik sebesar 66,23%, kriterian baik sebesar 33,12%, da n kriteria cukup sebesar 0,65%. Kreativitas siswa dengan kriteria sangat baik sebesar 3,90%, kriteria baik sebesar 61,69%, kriteria cukup sebesar 33,77%, dan kriteria kurang sebesar 0,65%. Prestasi belajar siswa menunjukkan 100% kriteria sangat baik. Analisis korelasi Product Moment antara profesionalitas guru dengan prestasi belajar siswa menunjukkan harga r hitung sebesar -0,123. Harga ini lebih kecil dari r tabel yaitu 0,157. Sedangkan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa menunjukkan harga r hitung 0,309. Harga ini lebih besar dari r tabel yaitu 0,157. Analisis regresi berganda terhadap hubungan antara profesionalitas guru dan kreativitas siswa dengan prestasi belajar siswa menunjukkan persamaan Y=81,291+(-0,18)X1+0,42X2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) tidak terdapat hubungan positif dan tidak signifikan antara profesionalitas guru dengan prestasi belajar penjasorkes siswa, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar penjasorkes siswa, serta 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalitas guru dan kreativitas siswa dengan prestasi penjasorkes belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 03:34 |
Last Modified: | 20 Jun 2017 03:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/831 |
Actions (login required)
View Item |