Wahid Hasyim University | Digital Repository

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN HUMANISTIK UNTUK BIMBINGAN MENTAL PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs. SAFINATUL HUDA KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SULISTIYO, SULISTIYO (2017) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN HUMANISTIK UNTUK BIMBINGAN MENTAL PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs. SAFINATUL HUDA KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah : Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui kondisi mental siswa MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui hambatan dan solusi pemecahan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan Model pembelajaran Humanistik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Pelaksanaan Model pembelajaran Humanistik untuk Bimbingan Mental pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, guru menyajikan atau mendemonstrasikan materi, guru membagi siswa dalam kelompok kecil, Memberikan Bimbingan Mental, Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke situasi nyata, guru memberikan penilaian, dan guru memberikan reward. Faktor Penunjang Pelaksanaan Model pembelajaran Humanistik untuk Bimbingan Mental pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah. himpunan data, konferensi kasus, kunjungan rumah dan alih tangan kasus. Hambatan dan solusi pemecahan masalah yang dihadapi dalam Pelaksanaan Model pembelajaran Humanistik untuk Bimbingan Mental pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah kurang mempunyai sikap sadar diri, kurang mampu mengatur diri, kurang mampu menerima motivasi, kurang mampu berempati dan kurang mampu bersosialisasi. Solusi pemecahan masalah, yaitu memberikan peraturan tata tertib, mengarahkan siswa untuk latihan memimpin, membangun tim yang handal, meningkatkan tanggung jawab dan kerjasama, siswa, Membangkitkan semangat pada siswa, menyisihkan sebagian saku buat disedekahkan untuk membantu sesama yang membutuhkan dan Membangun interaksi dan kerja sama yang positif antara siswa, melalui organisasi yang ada di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 May 2017 08:11
Last Modified: 24 May 2017 05:07
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item