EVA AGUS LIA, EVA AGUS LIA (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INDIVIDU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP HASANUDDIN 03 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Belajar merupakan proses terjadinya perubahan persepsi dan perilaku peseta didik. Perubahan persepsi dan perilaku bertujuan untuk mengembangkan potensi diri, spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan peserta didik. Diperlukan Interaksi yang positif antara guru dan murid untuk dapat mewujudkan cita-cita tersebut. Permasalahan yang dihadapi sekolah saat ini adalah rendahnya perhatian siswa terhadap pengajaran yang dilakukan oleh guru pada saat proses belajar mengajar. Sebagian besar guru masih cenderung menggunakan ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Penggunaan metode ceramah dalam proses pembelajaran cenderung satu arah dan berpusat pada guru. Hal ini berdampak pada kurangnya kedekatan, keterbukaan, interaksi antara guru dan peserta didik. Akibatnya, proses pembelajaran yang dilakukan akan mengalami hambatan karena perbedaan karekteristik peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pendekatan individu dalam proses belajar mengajar. Penelitian mengenai implementasi pendekatan individu dalam pembelajaran belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan individu dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Hasanudddin 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, siswa kelas VII, VIII dan IX. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diukur menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan individu dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Hasanudddin 03 Semarang dilakukan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan perencanaan ditunjukkan melalui rapat koordinasi dari Kepala Sekolah dan seluruh guru, pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pembelajaran proyek, pembelajaran pelatihan kesadaran, tanya jawab dan lainlain. Sedangkan evaluasi dinilai melalui evaluasi proses ketika proses pembelajaran dan perilaku peserta didik disekolah. Evaluasi hasil Dilihat dari hasil nilai ulangan harian, praktik, ulangan tengah semester dan ulangan semster.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 18 May 2017 03:27 |
Last Modified: | 18 May 2017 03:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/706 |
Actions (login required)
View Item |