Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PEAJARAN FIQIH KELAS IV MI NU 21 PUCANGREJO GEMUH KENDAL

Rizza, Fajriaturrohmah (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PEAJARAN FIQIH KELAS IV MI NU 21 PUCANGREJO GEMUH KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Metode edutainment sebagai proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga aktifitas pembelajaran berlangsung menyenangkan. Metode edutainment bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik, proses pembelajaran di sekolah akan lebih menyenangkan sehingga anak tidak merasa jenuh dan bosan, tapi menjadi lebih bermakna dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Pengaruh penggunaan penggunaan metode edutainment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas IV MI NU 21 Pucangrejo Gemuh Kendal dapat diperoleh dari analisis korelasi product moment antara penggunaan metode edutainment (variabel X) dan hasil belajar mata pelajaran fiqih (variabel Y). Hipotesis yang diajukan peneliti adalah: ada pengaruh penggunaan yang signifikan antara metode edutainment terhadap hasil belajar fiqih kelas IV MI NU 21 Pucangrejo Gemuh Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reseach (penelitian lapangan), dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan (1) angket, (2) wawancara, (3) observasi, (4) tes, dan (5) dokumentasi. Metode analisis ada tiga tahapan: (1) analisis penggunaan metode edutainment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di kelas IV MI NU 21 Pucangrejo Gemuh Kendal, (2) analisis hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di kelas IV MI NU 21 Pucangrejo Gemuh Kendal, (3) analisis pengaruh penggunaan penggunaan metode edutainment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di kelas IV MI NU 21 Pucangrejo Gemuh Kendal. Simpulan dari penelitian ini adalah diketahui hasil uji analisis hipotesis perhitungan varibel X dan variabel Y, yaitu r-hitung 0,602 yang berkisar antara 0,40-0,70, berdasarkan pedoman tabel angka indeks korelasi product moment secara sederhana kita interpretasikan bahwa korelasi antara penggunaan metode edutainment (variabel X) dan hasil belajar fiqih (variabel Y) itu merupakan korelasi yang “sedang atau cukup”, jadi variabel X dan varibel Y mempunyai korelai yang positif. Diketahui pada taraf signifikan 5 % r-hitung > r-tabel, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode edutainment terhadap hasil belajar fiqih di kelas IV MI NU 21 Pucangrejo Gemuh Kendal. Berdasarkan keterangan tersebut, hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima atau terbukti kebenarannya Kata Kunci: Pengaruh, Metode Edutainment, Hasil Belajar Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:00
Last Modified: 02 Jan 2020 07:00
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item