Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA TEMA CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DI MI AL MAFTUHAH KARANGSARI KARANGTENGAH DEMAK KELAS IV SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Nur, Khayati (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA TEMA CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DI MI AL MAFTUHAH KARANGSARI KARANGTENGAH DEMAK KELAS IV SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. Karena penyampaian itu berlangsung dalam interaksi edukatif, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses belajar mengajar. Fokus penelitian ini adalah implementasi Metode Index Card Match dengan tujuan meningkatkan prestasi hasil belajar, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, sementara metode analisis data melalui analisis deskriptif. Prestasi analisis data secara kuantitatif diskriptif menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Index Card Match pada siswa Kelas IV di MI Al Maftuhah Karangsari Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah sangat baik atau efektif., yaitu: rata- rata kelas 68,4 pada pra siklu s, kemudian meningkat menjadi76,1 pada siklus I, kemudian pada siklus II dilakukan perbaikan dan Prestasi nya menjadi lebih meningkat setelah menggunakan Metode Index Card Match secara optimal sehingga nilai rata- rata kelas menjadi 80,7 dan (2) Penerapan Metode Index Card Match Pada Pembelajaran dapat meningkatkan Prestasi Belajar pada siswa Kelas IV di MI Al Maftuhah Karangsari Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tingkat ketuntasan maupun perolehan nilai rata- rata kelas, yaitu sebelum dilakukan penggunaan Metode Index Card Match , mencapai ketuntasan hanya 22% pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 48% pada siklus I, kemudian pada siklus II dilakukan perbaikan dan Prestasi nya menjadi lebih Meningkat setelah menggunakan Metode Index Card Match secara optimal. Kata Kunci : Metode, Index Card Match, Prestasi Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:53
Last Modified: 02 Jan 2020 06:53
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item