Indah, Sharifatul Mulah (2019) PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA KRAJANBOGO BONANG DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi keluarga adalah cara berinteraksi antara satu anggota dengan anggota lainnya dalam sebuah keluarga sekaligus wadah bagi setiap anggota dalam membentuk dan mengembangkan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk pegangan hidup. Tujuan utama dari komunikasi keluarga adalah memberikan pemahaman melalui kata-kata, Gerak tubuh dan intonasi suara dalam penyampaian pesan dan perasaan serta tindakan langsung sebagai contoh penggambaran pesan yang ingin disampaikan. Komunikasi di dalam keluarga dilakukan agar terciptanya keadaan harmonis dan hubungan yang kuat dari interaksi antar anggota keluarga. Fokus dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan: (1) pola komunikasi keluarga pada siswa di MI Miftahul Huda, (2) prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda, (3) pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa di MI Miftahul Huda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) untuk mengetahui pola komunikasi keluarga pada siswa di MI Miftahul Huda, (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda, (3) untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa di MI Miftahul Huda.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan metode pengumpulan data menggunakan (1) angket, (2) wawancara, (3) observasi, (4) dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan (1) analisis pendahuluan, (2) analisis uji hipotesis, (3) analisis lanjutan, dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diketahui r-hitung = 0,449 yang berkisar antara interval 0,41-0,60, berdasarkan pedoman yang ada pada tabel kriteria korelasi product moment dapat kita nyatakan bahwa antara variabel X dan variabel Ymempunyai korelasi yang “sedang/cukup” pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak yang diketahui dari variabel X da variabel Y mempunyai korelasi positif, yaitu sebesar 0,449 pada taraf signifikan 5% = 0,381, r-hitung 0,449> r-tabel 0,381, sehingga hasil penelitian ini adalahada pengaruh komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Kata kunci: Komunikasi, Keluarga, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 06:47 |
Last Modified: | 02 Jan 2020 06:47 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2197 |
Actions (login required)
View Item |