WAHYULI, MINANURROHMAN (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ASMAA’UL HUSNAA DALAM MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Guru agama adalah hamba Allah yang mempunyai cita-cita Islami, yang telah matang rohaniah dan jasmaniah serta mamahami kebutuhan perkembangan siswa bagi kehidupan masa depannya, ia tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan yang diperlukan oleh siswa akan tetapi juga memberikan nilai dan tata aturan yang bersifat Islami ke dalam pribadi siswa sehingga menyatu serta mewarnai prilaku mereka yang bernafaskan Islam. Setelah peneliti memaparkan latar belakang, maka ada beberapa permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, antara lain : 1. Bagaimana Akhlak Siswa Kelas X Di SMK Negeri 4 Semarang. 2. Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Asmaa‟ul Husnaa Dalam Menumbuhkan Akhlak Siswa Kelas X Di SMK Negeri 4 Semarang. 3. Bagaimana Faktor Pendukung Dan Penghambat Proses Implementasi Nilai-Nilai Asmaa‟ul Husnaa Dalam Menumbuhkan Akhlak Siswa Kelas X Di SMK Negeri 4 Semarang Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif, yakni untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis mengenai fakta yang ada. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Field Research, dimana penelitian dilakukan langsung ke lapangan. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah dilakukan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, semua data dianalisis m enggunakan metode deskriptif analitik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa guru Agama Islam sangat berperan penting dalam mengembangkan nilai -nilai Asmaa‟ul Husnaa terhadap akhlak siswa, dan contoh nyatanya adalah melatih kesadaran d iri siswa, mengajarkan tentang mengatur diri, memberi motivasi, melatih rasa empati, melatih keterampilan sosial, dan pembiasaan keagamaan. Guru agama Islam juga menghadapi kendala, diantaranya adalah beberapa siswa belum mengetahui akhlaknya sendiri, masih sedikit siswa yang memahami makna Asmaa‟ul Husnaa. Dan beberapa solusi yang dipakai adalah menasehati siswa, mengajarkan kesabaran, mengajarkan Asmaa‟ul Husnaa, dan memberikan suatu kegiatan keagamaan. Kata Kunci : Implementasi Nilai-Nilai Asmaa‟ul Husnaa, Asmaa‟ul Husnaa, Menumbuhkan Akhlak Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 03:56 |
Last Modified: | 02 Jan 2020 03:56 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2189 |
Actions (login required)
View Item |