UMI, KULSUM (2019) METODE PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI UNTUK PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMALB NON MUSLIM WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik mencapai kompetensi dan atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Adapun fokus penelitian yang bertempat di SMALB Widya Bhakti Semarang ini adalah: (1) Bagaimana penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI? (2) Bagaimana metode pembelajaran PAI? (3) Bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran PAI? (4) Apakah faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI (2) Bentuk metode pembelajaran PAI (3) Penerapan pelaksanaan pembelajaran PAI (4) faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digusnakan untuk pengumpulan data adalah: (1) pengumpula data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI pada peserta didik muslim di SMALB non Muslim Widya Bhakti kategori ringan dan sedang menggunakan kurikulum tiga belas yang di sederhanakan sesuai dengan keadaan peserta didik. (2) Bentuk metode pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu antara lain metode keteladanan, metode nasehat, metode ceramah, metode diskusi/dialog, metode tanya jawab dan metode pemberian tugas. (3) Faktor penghambat penerapan metode pelaksanaan pembelajaran PAI adalah keterbatasan guru lulusan Sekolah Tinggi Pendidikan Luar Biasa sehingga guru mengajar tidak sesuai dengan keahliannya; kesadaran orang tua dalam membimbing anak-anaknya di rumah masih kurang; dan kurangnya perhatian dari pemerintah terkait sarana dan prasarana media belajar dan perangkat pembelajaran. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: guru dengan sabar, ikhlas, telaten dan penuh cinta kasih dalam mengajarkan pembelajaran. Perlengkapan peserta didik yang cukup, kerjasama orang tua/ komite dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, serta metode pembiasaan yang diterapkan guru-guru dan membantu mendorong anak untuk dapat mandiri melakukan kebiasaan-kebiasaan positif setiap hari di lingkungan rumah maupun di sekolah. Kata Kunci : Metode Pembelajaran PAI, Siswa SMALB
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:27 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2185 |
Actions (login required)
View Item |