Rohmatul, ijazi (2019) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH MIFTAHUL BANAT WAL BANIN KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik apabila seorang guru mampu mengatur waktu yang tersedia dengan sebaiknya. Maka seorang guru harus mampu mengelola proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan prestasi peserta didik yang berkeualitas. Sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang baik dan dapat dipahami, agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan target yaitu memberikan tingkat keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan dari pemikiran di atas maka peneliti memfokuskan penelitian pada Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Miftahul Banat Wal Banin Kaliwungu Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi metode Sorogan Dalam pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Banat Wal Banin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologis. Sumber datanya berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Miftahul Banat Wal Banin Kaliwungu Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning yang dilakukan ustadz dan santri Madrasah Miftahul Banat Wal Banin sudah cukup baik karena telah mencakup: pertama, perencanaan pembelajaran sudah mencakup seluruh komponen dari perencanaan tujuan, materi, metode, waktu, dan alat-alat, pelaksanaan, penilaian. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dikelola dengan baik mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir dan evaluasi. Ketiga, implementai metode sorogan yang dilakukan telah sesuai dengan metode pembelajaran inti yang ada di Madrasah Miftahul Banat Wal Banin Kaliwungu Kendal. Kata Kunci : Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Miftahul Banat Wal Banin Kaliwungu Kendal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:59 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
View Item |