Wahid Hasyim University | Digital Repository

PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL MUSYAFFA’ KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Muhlisin, Muhlisin (2019) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL MUSYAFFA’ KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan aspek inti dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, agar pembelajaran tidak berjalan secara monoton, maka guru berupaya menerapkan pendekatan yang sesuai dengan konteks pembelajaran. Sehingga dapat menyajikan pembelajaran secara menarik dan menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (2) Problematika yang dihadapi dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (3) Solusi untuk mengatasi problematika dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI, (2) Problematika yang dihadapi dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI, (3) Solusi untuk mengatasi problematika dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan gejala, peristiwa, serta kejadian yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara / interview dan (3) dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis non statistik dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis isi hasil penelitian. Kesimpulan penelitian menunjukan: (1) Implementasi pendekatan CTL dapat terlaksana dengan adanya 7 komponen yaitu: Kontruktivisme, Inquiry, Bertanya, Masyarakat belajar, Pemodelan, Refleksi dan Penilaian Otentik, (2) Problematika yang dihadapi dalam pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI adalah kesulitan yang dihadapi guru dan siswa, (3) Solusi untuk mengatasi problematika dalam pendekatan CTL dalam pembelajaran PAI dilakukan untuk memecahkan permasalah yang dihadapi guru dan siswa Kata Kunci: Problematika, Implementasi, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:30
Last Modified: 27 Dec 2019 04:30
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item