Masduki, Masduki (2019) STUDI ANALISIS PENERAPAN METODE MURÂJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI TAHFIZ AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AR-RIBATUL ISLAMY (ARIS) SARIBARU KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi dengan melihat santri tahfiz Al-Qur’an ada yang cepat khatam kurang lebih 2 tahun, dan ada yang lama 4 tahun, serta juga ada yang sangat lama sampai 5 tahun baru khatam, sehingga penulis mengangkat judul Studi Penerapan Metode Murâja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan AlQur’an Bagi Santri Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Putri Ar-Ribatul Islamy (ARIS) Saribaru Kaliwungu Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data berupa primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumen. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui penerapan metode murâja’ah dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode murâja’ah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, serta analisis penerapan metode muraja’ah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri tahfiz di Pondok Pesantren Putri ArRibatul Islamy (ARIS) Saribaru Kaliwungu Kendal. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode murâja’ah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi santri tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Ar-Ribatul Islamy (ARIS) Saribaru Kaliwungu Kendal dilakukan dengan terstruktur dan tidak terstruktur, faktor pendukung & penghambat penerapan metode murâja’ah dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi santri tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Ar-Ribatul Islamy (ARIS) Saribaru Kaliwungu Kendal tergantung atas dua faktor yakni intern dan ekstern. Intern bisa di artikan faktor dari dirinya sendiri yakni semangat dan keinginan kuat sedangkan ekstern yakni efek dari luar yang bisa memberi efek positif dan negatif, dan analisis penerapan metode murâja’ah kebanyakan santri tahfiz Pondok Pesantren Putri ARIS Saribaru Kaliwungu Kendal sudah menjalankan metode murâja’ah dengan baik sebagaimana yang telah dimanajemen, walaupun masih ada sebagian santri tahfiz yang lain masih terhambat, evaluasi yang dilakukan yakni dengan adanya semaan harian, mingguan, bulanan dan tahunan Kata Kunci: Penerapan metode murâja’ah, dan hafalan Al-Qur’an santri tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Ar-Ribatul Islamy (ARIS) Saribaru Kaliwungu Kendal,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 03:44 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 03:44 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2132 |
Actions (login required)
View Item |