Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA PENDIDIKAN MORAL DAN AGAMA PADA USIA PRA REMAJA DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA

M. ARIF, MUHLISIN (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA PENDIDIKAN MORAL DAN AGAMA PADA USIA PRA REMAJA DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata implementasi pembelajaran berwawasan lingkungan pada pendidikan moral dan agama pada usia pra remaja di SMP NU Putri Nawa Kartika. Fokus penelitian dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana implementasi pembelajaran berwawasan lingkungan pada Pendidikan Moral dan Agama pada usia remaja di SMP NU Putri Nawa Kartika?. 2) Apa faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran berwawasan lingkungan pada Pendidikan Moral dan Agama pada usia remaja di SMP NU Putri Nawa Kartika?. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan metode Miles and Huberman dengan tiga langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di SMP NU Putri Nawa Kartika. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: 1) implementasi pembelajaran berwawasan lingkungan pada Pendidikan Moral dan Agama pada usia remaja di SMP NU Putri Nawa Kartika tidak hanya diajarkan dalam materi saja, meskipun pembelajaran hanya bersifat selingan. Dalam Pendidikan Moral dan Agama guru mengintegrasikan materi-materi yang sesuai tema dengan lingkungan hidup, menerapkan pembelajaran berwawasan lingkungan secara langsung untuk membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan dengan cara menanamkan sikap disiplin, keteladanan, KBM di luar kelas, memberikan himbauan, nasihat, kerja nyata guru dan siswa. faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran berwawasan lingkungan pada Pendidikan Moral dan Agama di SMP NU Putri Nawa Kartika adalah faktot pendukung antara lain: siswa, keberadaan tim 7K, adanya dukungan dari instansi dan komite sekolah, adanya reward point dan punishment. Faktor penghambat antara lain: keadaan dalam diri siswa dan minimnya dana. Adapun saran yang dapat penulis ajukan kepada pihak sekolah, yaitu di SMP NU Putri Nawa Kartika, agar selalu melakukan pengawasan terhadap perilaku siswa terhadap lingkungan serta lebih intensif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan lingkungan dalam membentuk karakter siswa yang peduli akan lingkungan. Kata kunci : Pembelajaran Berwawasan Lingkungan, Pendidikan Moral dan Agama, Usia Pra Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:39
Last Modified: 20 Dec 2019 03:39
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item