Wahid Hasyim University | Digital Repository

ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA BUKU TELADAN UTAMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 11 SEMARANG

ISKANDAR, ISKANDAR (2019) ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA BUKU TELADAN UTAMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 11 SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana konsep mengajar yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam , dan bagaimana penerapan buku pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 11 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis kualitatif. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif. Metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Sedangkan metode induktif yaitu suatu pengambilan keputusan dengan menggunakan pola pikir yang terkait dari faktafakta yang sifatnya khusus kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang mendasar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak didik bervariasinnya latar belakang yang dimilki siswa berdasarkan kondisi fisiknya dan juga dari intelektualnya. Sedangkan yang paling menentukan berlangsugnya proses pebelajaran yang baik adalah dari segi konsep yang digunakan oleh para pendidik, dalam hal ini adalah pembelajaran secara kontekstual di SMP N 11 Semarang. Kata Kunci: Analisis Konsep Pembelajaran Kontekstual Pada Buku teladan Utama Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Dec 2019 02:27
Last Modified: 20 Dec 2019 02:27
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item