Wahid Hasyim University | Digital Repository

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII MTS NU 01 CEPIRING

Ika, Mufarikha (2019) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII MTS NU 01 CEPIRING. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar dikelas terkadang membuat peserta didik jenuh dan kurang menikmati pembelajaran tersebut. Oleh karena itu seorang guru hendaknya memiliki kemampuan atau keterampilan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Melalui media pembelajaran diharapkan dapat merangsang peserta didik untuk lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Berdasarkan dari pemikiran diatas maka peneliti memfokuskan penelitian pada Efektifitas Penggunaan Meme Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII MTs NU 01 Cepiring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunanaan meme sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang berdesaian “posttes-only control design”. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji Independent Sample t test, yaitu untuk menguji signifikansi beda rata-rata dua kelompok antara kelas eksperimen dengan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan meme sebagai media pembelajaran efektif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) dalam materi Dinasti Ayyubiyah kelas VIII MTs NU 01 Cepiring tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai post test antara kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol). Kedua kelas memiliki nilai rata-rata yang berbeda, yaitu rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sebesar 80,03 dan kelas kontrol sebesar 67,81. Analisis uji hipotesis Independent Sample t-test menggunakan SPSS 16.0 dengan taraf signifikansi 5%, dimana kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 artinya < 0,05 karena t hitung > t tabel, maka (Ho) di tolak dan (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi penggunaan meme sebagai media pembelajaran efektif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII MTs NU 01 Cepiring tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Penggunaan Meme Sebagai Media Pembelajaran Mapel SKI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:47
Last Modified: 19 Dec 2019 03:47
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item