Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT-SIFAT ROSUL ALLAH PADA KELAS VIII DI SMP ASSIRAJIYAH MENUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Hanifatin, Rofiah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT-SIFAT ROSUL ALLAH PADA KELAS VIII DI SMP ASSIRAJIYAH MENUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asisted Individualization) merupakan salah satu dari pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mengatasi kesulitas belajar siswa secara individual dan dapat membentuk siswa untuk lebih aktif dalam menganalisis dari sebuah permasalahan sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat meningkat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak, (3) Adakah Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). (2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif, Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Kuisioner (Angket), (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik sampel purposive. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan : (1) Pelaksanaan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam kategori “Baik”, (2) Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dalam kategori “Baik‟‟, (3) pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap peningkatan Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan analisis korelasi product moment Rt maka signifikan sehingga hipotesis diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Hasil Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Sifat-sifat Rosul Allah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:14
Last Modified: 19 Dec 2019 03:14
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item View Item