Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS MATERI HAFALAN QS AL HUMAZAHDAN ISI KANDUNGANNYA KELAS VIIIaMTs NU 03 AL HIDAYAH KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fela, Aniatul Hibah (2019) PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS MATERI HAFALAN QS AL HUMAZAHDAN ISI KANDUNGANNYA KELAS VIIIaMTs NU 03 AL HIDAYAH KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Al Qur’an Hadits pada materi hafalan QS Al Humazah dan isi kandungannya. Metode kooperatif Make A Matchdiharapkan dapat memberi solusi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Kooperatif Make A Matchdan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi hafalan QS Al Humazah dan isi kandungannya pada kelas VIIIa MTs NU 03 Al Hidayah Kendal Metode penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Kooperatif Make A Matchini yaitu berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Pada metode pembelajaran ini meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Indikator keberhasilan dalam PTK ini pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi hafalan QS Al Humazah dan isi kandungannyadapat diamati dari adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa dikatakan tuntas apabila nilai diatas 70 dan kegiatan siklus dikatakan berhasil apabila siswa mendapatkan nilai ketuntasan sebanyak 85% atau lebih. Penggunaan metode Make A Matchpada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi hafalan QS Al Humazah dan isi kandungannya kelas VIIIaMTs NU 03 Al Hidayah kabupaten Kendal, dilakukan dengan cara menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana, mengevaluasi kemampuan siswa sebagai hasil belajar, dan menindaklanjuti hasil evaluasi untuk memperoleh peningkatan yang lebih baik terkait dengan kemampuannya dalam menghafal surat-surat pendek. Hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi hafalan QS Al Humazah dan isi kandungannya pada pra siklus jumlah siswa Sebelum menggunakan metode Make A Match yaitu pada pra siklus nilai rata-rata kelas mencapai 62,14, setelah dilakukan pembelajaran siklus 1 menjadi 77,50 dan meningkat menjadi 87,85 pada siklus 2nya. Siswa yang tuntas pada pra siklus berjumlah 8 dengan prosentase 28% dan meningkat menjadi 19 dengan prosentase 67% pada siklus 1 serta naik kembali menjadi 27 dengan prosentase 96% pada siklus 2 Kata kunci : Hasil Belajar, Hafalan QS Al Humazah, Metode Kooperatif Make A Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:35
Last Modified: 18 Dec 2019 03:35
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item