Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI WUDHU MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) SEMESTER GENAP DI KELAS I MI SULTAN FATAH BINTORO DEMAK TAHUN 2019

Ulin, Nuha (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI WUDHU MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) SEMESTER GENAP DI KELAS I MI SULTAN FATAH BINTORO DEMAK TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya untuk meningkatkan hasil belajar Fikih Kompetensi Dasar Prati Wudhu pada siswa kelas I MI Sultan Fatah Bintoro Demak Tahun 2016/2017. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data dari madrasah. Dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas I MI Sultan Fatah Bintoro Demak. 2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kompetensi dasar tata cara praktik wudhu di kelas I MI Sultan Fatah Bintoro Demak tahun 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai tiap siklusnya. Kondisi awal pra siklus terdapat 12 siswa (62,5%) yang memperoleh nilai di bawah KKM, sementara 10 siswa (37,5%) yang memperoleh nilai di atas KKM, dan nilai rata-rata 51,25. Pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 22 siswa ( 68,75%) dan siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM adalah 10 siswa (31,25%), dan nilai rata-rata 72,81. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 32 siswa (100%) dan nilai rata-rata (81,88%). Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:49
Last Modified: 17 Oct 2019 03:49
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item