SULASTRININGSIH, SULASTRININGSIH (2019) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PESERTA DIDIK KELAS III MI TSAMROTUL HUDA 1 JATIROGO BONANG DEMAK SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya materi Operasi Hitung. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (absolutivisme). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang Operasi Hitung di kelas 3 MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak dengan menggunakan Metode Inquiry. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan Metode Inquiry sebagaimana pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Matematika. Study ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana penerapan Metode Inquiry pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung di kelas III MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017? dan Apakah prestasi belajar matematika materi operasi hitung pada kelas III MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Inquiry? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh siswa melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan data pra siklus (sebelum penelitian dilakukan) diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 56,57 atau ketuntasan klasikan baru mencapai 44,84%, sedangkan data dari hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode Inquiry mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal sebesar 60,89% pada siklus I dan menjadi 86,95% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan Metode Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi Operasi Hitung di MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Metode Inquiry, Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:41 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:41 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1775 |
Actions (login required)
View Item |