SRI, PUJIATI (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEMESTER 1 MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan Hasil Belajar,Siswa ,Mata Pelajaran Matematika , Metode Pembelajaran Card Sort,Siswa belajar siswa dalam proses pembelajaran langsung di kelas III MI Al Islam Mangunsari 02 Gunungpati Kota Semarang maka didapat kondisi awal yaitu metode yang digunakan masih menggunakan pembelajaran konvensional dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dan kurang mempunyai pengalaman belajar dalam pembelajaran. Hal ini dapat terlihat rata-rata nilai pra siklus dalam ulangan harian pada materi Perkalian dan Pembagian yaitu 61,71. Perolehan hasil belajar tersebut belum maksimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada di MI Al Islam Mangunsari 02 Gunungpati Kota Semarang yaitu 65. Dalam penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai subyek penelitian untuk menerapkan metode pembelajaran Card Sort yang berjumlah 35 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui metode pembelajaran Card Sort dengan menciptakan keaktifan belajar peserta didik, meningkatkan kinerja guru maka suasana pembelajaran menjadi aktif, komunikatif dan peserta didik mendapatkan pengalaman belajar dan hasil belajar yang maksimal dan meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan rata-rata nilai 71,57 dengan ketuntasan belajar 74 %. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata nilai 80,43 dengan ketuntasan belajar 91 %. Dari ketiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah metode pembelajaran Card Sort dalam materi Perkalian dan Pembagian pada pembelajaran Matematika dengan sebelumnya. Kata kunci : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Card Sort
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:39 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:39 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1774 |
Actions (login required)
View Item |