Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SURAH AL-QADR DAN SURAH AL MAUN MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS MELALUI PENERAPAN METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS 2 MI TSAMROTUL HUDA 1 JATIROGO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NUR, ROHMAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SURAH AL-QADR DAN SURAH AL MAUN MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS MELALUI PENERAPAN METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS 2 MI TSAMROTUL HUDA 1 JATIROGO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran dengan metode reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh lemahnya siswa dalam menguasai mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. reading aloud merupakan membaca suatu teks dengan keras yang dapat membantu peserta didik memfokuskan perhatian secara mental, menimbulkan pertanyaan-pertanyaan, dan merangsang diskusi Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas 2 MI Tsamrotul Huda 1 Jatirogo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak yang berjumlah 22 siswa. Dari observasi awal pada tahap pra siklus dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, akibatnya ketika siswa mengalami kejenuhan, mereka cenderung malas dan tidak melanjutkan kembali bacaan. Hal ini dibuktikan dengan kualitas membaca siswa masih rendah. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode reading aloud, maka suasana kelas menjadi lebih ceria. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 68 (ketuntasan klasikal 59%) dengan catatan bahwa 9 dari 22 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I, maka diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72 (ketuntasan klasikal 73 %) dengan catatan masih ada 6 siswa yang dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas menjadi 80 (ketuntasan klasikal 91 %) dan masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar dari KKM yaitu 70. Dari kedua tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan materi pokok surat Al-Qadr dan Surah Al-Maun. Kata Kunci: Reading Aloud, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Surah Al-Qadr dan Al-Maun Mata Pelajaran Qur’an Hadits .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:45
Last Modified: 17 Oct 2019 02:45
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item