Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS IV MI ASSALAM PURWOREJO BONANG DEMAK SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nur, Hidayati (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS IV MI ASSALAM PURWOREJO BONANG DEMAK SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Identifikasi masalah yang tampak dalam proses belajar mengajar IPA di MI Assalam Purworejo Bonang Demak pada pokok bahasan Hubungan antar makhluk hidup, dari 23 siswa, yang mendapatkan nilai ≥ 70 ada 6 siswa dan 17 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Nilai tersebut belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPA yaitu 70. Hasil belajar rendah tersebut karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan siswa kurang aktif belajar. Pemecahan masalah yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan membentuk kelompok besar dan kelompok kecil agar latihan siswa lebih intensif. Dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa saling membantu temannya yang kurang dalam memahami konsep Hubungan antar makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (penelitian tindakan kelas), dilaksanakan di MI Assalam Purworejo Bonang Demak pada bulan Oktober November 2016 Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah: siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Hubungan antar makhluk hidup di kelas IV MI Assalam Purworejo Bonang Demak. Keaktifan belajar siswa pada kondisi awal adalah 67,7%. Pada pembelajaran siklus I meningkat menjadi 77,3%., terjadi peningkatan 9,6%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,9%. Peningkatan keaktifan siswa rata-rata sebesar 7,6%; (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan Hubungan antar makhluk hidup di kelas IV MI Assalam Purworejo Bonang Demak. Pada pembelajaran prasiklus nilai rata-rata 61,74 dengan ketuntasan belajar 26,09%, pada siklus I nilai rata-rata 70,70 dengan ketuntasan belajar 73,91%. Peningkatan nilai rata-rata nilai 6,96 dan peningkatan ketuntasan belajar 47,83%. Pada siklus II nilai rata-rata 78,26 dengan ketuntasan belajar 95,65%. Peningkatan nilai rata-rata nilai 9,57 dan peningkatan ketuntasan belajar 21,74%; (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar IPA pokok bahasan Hubungan antar makhluk hidup di kelas IV MI Assalam Purworejo Bonang Demak. Indikator keberhasilan ditentukan ketuntasan belajar individu adalah 70 dan ketuntasan belajar klasikal adalah 75%. Berdasarkan nilai hasil belajar siklus II ini menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sudah tercapai yaitu sebesar 95,65% telah mencapai  70. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, tipe STAD, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:29
Last Modified: 17 Oct 2019 02:29
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item