Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN KETRAMPILAN MEMBACA CEPAT DALAM MEMBACA BUKU TEKS DENGAN TEKNIK SKIMMING PADA SISWA KELAS VI MI SULTAN FATAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nur, Chamidah (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DAN KETRAMPILAN MEMBACA CEPAT DALAM MEMBACA BUKU TEKS DENGAN TEKNIK SKIMMING PADA SISWA KELAS VI MI SULTAN FATAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Keterampilan membaca cepat pembelajarannya masih didominasi oleh guru sehingga siswa hanya menerima tanpa memiliki pengalaman belajar. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia dan prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik Skimming di MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik Skimming sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil nilai tes akhir siklus dan lembar observasi kegiatan pembelajaran siswa. Peningkatan hasil Belajar ketrampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan teknik Skimming di kelas VI MI Sultan Fatah Demak tahun pelajaran 2016/2017, pada siklus I nilai rata-rata Hasil Belajar Bahasa Indonesia adalah 75,2 atau sebanyak 26 atau 74% siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus II Hasil Belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia mencapai nilai 84,6 atau sebanyak 31 atau 89% siswa dengan kategori baik sehingga dari peningkatan pada siklus II tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% ( 89% > 80% ) dengan cukup memuaskan. Dengan demikian penerapan keterampilan membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan teknik Skimming dapat menjadikan siswa meningkatkan pemahaman membaca cepat dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran keterampilan membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan teknik Skimming yang telah dilaksanakan di kelas VI MI Sultan Fatah Demak meningkatkan kemampuan membaca cepat mata pelajaran Bahasa Indonesia dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Keterampilan membaca Cepat, Bahasa Indonesia dan Teknik Skimming

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:12
Last Modified: 17 Oct 2019 02:12
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item