Muslihah, Muslihah (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MEDIA DAKON PADA SISWA KELAS II MI AL IMAN BANARAN GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016 /2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas II MI Al Iman Banaran Gunungpati Semarang dalam pembelajaran matematika dengan materi perkalian dan pembagian, (2) Untuk mengetahui penerapan media permainan dakon dalam pembelajaran dengan materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas II MI Al Iman Banaran Gunungpati Semarang., (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Penerapan Media Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas II MI Al Iman Banaran Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Untuk mendapatkan data penelitian maka peneliti menggunakan metode test dan observasii dengan teknik menghitung rerata. Subyek penelitian 22 siswa yang merupakan populasi sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Hasil analisis data menunjukkan bahwa:(1)Prestasi belajar siswa kelas II MI Al Iman Banaran Gunungpati untuk materi perkalian dan pembagian dapat dilihat pada hasil nilai evalusai pada tahap per silkus. Nilai yang didapat dari evalusai pada Pra siklus adalah rata-rata kelas 43,63, siklus I adalah 65,45dan pada siklus II adalah 75,45 dan hasil rata-rata telah melebihi nilai KKM sebesar 60. (2)Media permainan dakon didalam proses pembelajaran ternyata memudahkan dan memotivasi siswa dalam memahami cara perkalian dan pembagian. Minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media permainan dakon meningkat, hal ini bisa dilihat pada tabel keaktifan siswa pada tahap pra siklus hanya 31,82%, dilanjutkan pada tahap siklus I menjadi 68,18% dan siklus II menjadi 86,36 %.Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan setelah siklus diadakan refleksi ulang untuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru. Pada tahap prs siklus hanya 50% , kemudian tahap siklus I menjadi 78,5% dan siklus II menjadi 92,1%.(3) Penggunaan media permainan dakon dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari dimana ketuntasan kelas pada pra siklus 27,3%, siklus I 72,72% dan siklus II menjadi 86,36% yang artinya ada peningkatan sebesar 59,06% pada siklus II dari tahap pra siklus. Kata Kunci : Prestasi Belajar dan Mata Pelajaran, Media Permainan Dakon
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 07:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 07:19 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1759 |
Actions (login required)
View Item |