KHULAIDAH, KHULAIDAH (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI LSQ (LEARNING STARTS WITH A QUESTION) DENGAN MEDIA SHORT CARD PADA SISWA KELAS I SEMESTER 1 MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI MI TARBIYATUS SHIBYAN REJOSARI KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (664kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Strategi LSQ (Learning Starts With A Question) adalah pembelajaran aktif melalui bertanya. Proses mempelajari sesuatu lebih efektif jika siswa aktif, mencari pola daripada menerima saja. Salah satu cara menciptakan pola belajar aktif adalah dengan merangsang siswa untuk bertanya tanpa penjelasan terlebih dahulu dari guru. Media Short Card merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengerjakan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek atau mengulangi informasi. Dengan strategi LSQ (Learning Starts With A Question) dengan media Short Card inilah diharapkan mampu mewujudkan tujuan pembelajaran Matematika yang tidak hanya mengarah pada ranah kognitif saja melainkan afektif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi LSQ (Learning Starts With A Question) dengan Media Short Card dapat dijadikan sebagai strategi dan media untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas I MI Tarbiyatus Shibyan Rejosari Kecamatan Karangawen Demak. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penerapan strategi LSQ (Learning Starts With A Question) dengan media Short Card dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas I MI Tarbiyatus Shibyan Rejosari Kecamatan Karangawen Demak. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 60,30 pada prasiklus meningkat menjadi 70,30 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 76,67 pada siklus II. Penerapan Strategi LSQ (Learning Starts With A Question) dengan Media Short Card dapat meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa. Dimana pada prasiklus nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 45,45% (15 siswa) meningkat menjadi 66,67% (22 siswa) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84,85% (28 siswa). Kata Kunci: Strategi LSQ (Learning Starts With A Question), Media Short Card, Matematika, Bangun Ruang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 02:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 02:29 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1753 |
Actions (login required)
View Item |