Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICSS EDUCATION (RME) PADA SISWAKELAS II MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

KHOMSIYAH, KHOMSIYAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICSS EDUCATION (RME) PADA SISWAKELAS II MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (953kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi pembelajaran matematika yang model pembelajarannya masih didominasi oleh guru sehingga siswa hanya menerima tanpa memiliki pengalaman belajar. Untuk itu penerapan model pembelajaran berbasis masalah merubah paradigma dengan siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Selain itu model dan metode mengajar yang digunakan guru kurang bervariasi, untuk itu penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran Matematika materi Pembagian bilangan melalui model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)di MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak Tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak. Peningkatan persentase hasil belajar ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 37,5%, pada siklus I pertemuan pertama sebesar 56,25%, pada pertemuan kedua sebsar 68,75%, pada pertemuan ketiga sebsar 87,5%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 93,75%, dan pertemuan kedua sebesar 100%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 51,875, siklus I pertemuan pertama sebesar 72,5, pertemuan kedua sebesar 75, pertemuan ketiga sebesar 83,75, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 86,25, dan pada pertemuan kedua sebesar 87,5.. Oleh karena itu, pembelajaran matematika pada materi Pembagian bilangan dengan menerapkan Realistic Mathematics Education (RME) yang telah dilaksanakan di kelas II MI Nurul Ittihad dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembagian Bilangan , Pendekatan Realistic Mathematicss Education

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:25
Last Modified: 11 Oct 2019 02:25
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item