KHAIRUNNISA, ISNAINI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN MEMILIKI BERBAGAI JENIS TULANG DAUN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN DAN ALAM SEKITAR KELAS III SDIT AL-KAUTSAR KECAMATAN BRANGSONG TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (578kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kelas III SDIT Al-Kautsar Kecamatan Brangsong yang masih bersifat konvensional. Peneliti tertarik mererapkan suatu media pembelajaran agar proses pembelajaran lebih menarik, peneliti akan memberikan suatu media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar sekolah karena dapat mengembangkan pola pikir siswa melihat objek secara langsung, sesuai kondisi dilapangan termasuk dalam sekolah alam. Kajian penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi tumbuhan memiliki berbagai jenis tulang daun kelas III SDIT Al-Kautsar Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal.(2) Untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya media pembelajaran lingkungan dan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Tumbuhan memiliki berbagai jenis tulang daun Kelas III SDIT Al-Kautsar Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDIT Al-Kautsar yang berjumlah 20 siswa. Indikator keberhasilan dapat dilihat dari tahap tiap siklusnya. Siswa dikatakan lulus apabila nilai diatas 70. Kegiatan siklus berhasil apabila siswa mendapatkan nilai ketuntasan sebanyak 85%. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan angka prosentase dari pra siklus sebesar 45% dengan rata-rata kelas 63,5, siklus I sebesar 65% dengan rata-rata kelas 71, dan siklus II sebesar 90% dengan rata-rata kelas 83. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran lingkungan dan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Tumbuhan memiliki berbagai jenis tulang daun di kelas III SDIT Al-Kautsar Kecamatan Brangsong. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Media Pembelajaran Lingkungan dan Alam Sekitar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:57 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 06:57 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1749 |
Actions (login required)
View Item |