Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ANGGOTA TUBUH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS I SEMESTER I DI MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Isniyah, Isniyah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ANGGOTA TUBUH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS I SEMESTER I DI MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran membutuhkan metode yang tepat. Kesalahan menggunakan metode, dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Dampak yang lain adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa dalam suatu pembelajaran. Hal ini disebabkan karena dalam proses siswa kurang dilibatkan dalam situasi optimal untuk belajar, pembelajaran cenderung berpusat pada guru, dan klasikal. Dari beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran CTL. Fokus dalam penelitian ini pertama, Bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017?. Kedua, Apakah penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah pertama Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Kedua, Untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Kesimpulan penelitian menunjukkan Penggunaan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran IPA tentang Anggota Tubuh dapat meningkan hasil belajar siswa di kelas I MI Nurul Ittihad Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti terjadi perubahan peningkatan sebagai berikut: a. Pra siklus rata-rata 53,57, tuntas 21,43%, belum tuntas 78,57%, b. Siklus 1 rata-rata 65,00, tuntas 50,00%, belum tuntas 50,00%. c. Siklus 2 rata-rata 75,71, tuntas 92,86%, belum tuntas 7,14% dan d. Siklus 3 rata-rata 81,07, tuntas 100%, belum tuntas 0%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:46
Last Modified: 10 Oct 2019 06:46
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item