Isniyah, Isniyah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ANGGOTA TUBUH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS I SEMESTER I DI MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (672kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN..pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran membutuhkan metode yang tepat. Kesalahan menggunakan metode, dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Dampak yang lain adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa dalam suatu pembelajaran. Hal ini disebabkan karena dalam proses siswa kurang dilibatkan dalam situasi optimal untuk belajar, pembelajaran cenderung berpusat pada guru, dan klasikal. Dari beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran CTL. Fokus dalam penelitian ini pertama, Bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017?. Kedua, Apakah penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah pertama Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Kedua, Untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan Anggota Tubuh siswa kelas kelas I Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Kesimpulan penelitian menunjukkan Penggunaan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran IPA tentang Anggota Tubuh dapat meningkan hasil belajar siswa di kelas I MI Nurul Ittihad Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti terjadi perubahan peningkatan sebagai berikut: a. Pra siklus rata-rata 53,57, tuntas 21,43%, belum tuntas 78,57%, b. Siklus 1 rata-rata 65,00, tuntas 50,00%, belum tuntas 50,00%. c. Siklus 2 rata-rata 75,71, tuntas 92,86%, belum tuntas 7,14% dan d. Siklus 3 rata-rata 81,07, tuntas 100%, belum tuntas 0%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 06:46 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1747 |
Actions (login required)
View Item |