Ima, Puji Astuti (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI BAGI SISWA KELAS V SEMESTER I MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa untuk membangun gagasan atau pemahaman sendiri dalam melakukan aktivitas tertentu. Pelajaran Akidah Akhlak merupakan pembelajaran yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perolehan nilai rata-rata Akidah Akhlak siswa kelas V MI Al Islam Mangunsari 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang masih berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Nilai-nilai tersebut diperoleh karena siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran Akidah Akhlak. Keadaan tersebut dikarenakan minimnya sarana dan prasarana serta model mengajar guru yang menggunakan metode secara monoton sehingga membosankan bagi siswa. Melihat fenomena di atas, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian dengan mengambil judul “ Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Metode Sosiodrama pada Materi Akhlak Terpuji bagi Siswa Kelas V Semester I MI Al Islam Mangunsari 02 Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 ” Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode PTK ini meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar Akidah Akhlak materi akhlak terpuji yang dilihat dari adanya peningkatan nilai tes siswa dan aktivitas belajar siswa. Siswa dikatakan tuntas jika siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 76. Dan kegiatan siklus berhasil jika siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 85% dari jumlah siswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini diketahui dari data kegiatan pra siklus keaktifan siswa sebesar 48,21%, siklus I keaktifan siswa sebesar 74,2%, sedangkan siklus II meningkat sebesar 90,63%. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu dari data awal atau pra siklus sebesar 31,25%, pada siklus I sebesar 65,63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 87,50%. Dengan demikian, penerapan metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak Kata Kunci : Prestasi Belajar Akidah Akhlak, Metode sosiodrama
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 06:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1745 |
Actions (login required)
View Item |