IBNU, HAMZAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF PADA TUMBUHAN MELALUI METODE KERJA KELOMPOK YANG BERMAKNA PADA SISWA KELAS VI MI AL ITTIHAD MANDUNG WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Metode kerja kelompok dalam rangka pendidikan dan pengajaran ialah kelompok dari kumpulan beberapa individu yang bersifat paedagogis yang di dalamnya terdapat adanya hubungan timbal balik (kerja sama) antara individu serta sikap saling percaya mempercayai. Dalam pengertian lain, apabila guru dalam menghadapi murid-murid dikelas merasa perlu membagi mereka dalam beberapa kelompok untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan secara bersama-sama, maka cara mengajar yang demikian itu dinamakan metode kerja kelompok Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 4 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III, dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI Madrasah Ibtida’iyah Al Ittihad Mandung Wdung Demak. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai rata rata prestasi belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 68.13 pada prasiklus meningkat menjadi 73.44 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 75.31 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 78.75 pada siklus III. Selain itu, penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa. Dimana pada prasiklus nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 43.75% (7 siswa) meningkat menjadi 50% (8 siswa) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 68.75% (11 siswa) dan pada siklus III meningkat menjadi 87.5% (14 siswa). Peningkatan tersebut disebabkan karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat lebih semangat senang, menikmat, dan tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa juga lebih aktif dengan berani mengungkapkan pendapat atau ide serta mempertanyakan kembali gagasan orang lain. Kata Kunci: Kerja Kelompok, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA Materi Perkembangan Mahluk Hidup .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 03:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 03:41 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1744 |
Actions (login required)
View Item |