Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK RANGKA DAN PANCA INDERA MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GROUP TOURNAMENT (TGT) KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA BONANGREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

ENDANG, KISWATI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK RANGKA DAN PANCA INDERA MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GROUP TOURNAMENT (TGT) KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA BONANGREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi Pokok Rangka dan Panca Indera Manusia. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (absolutivisme). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang Pokok Rangka dan Panca Indera Manusia di kelas 4 MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak melalui penerapan Model Pembelajaran Team Group Tournament (TGT). Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan Model Pembelajaran Team Group Tournament (TGT) sebagaimana teori yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara aktif Study ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Apakah dengan mengunakan Model Pembelajaran Team Group Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan siswa melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan data pra siklus (sebelum penelitian dilakukan) diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 65,33 atau ketuntasan klasikan baru mencapai 56,67%, sedangkan data dari hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran Team Group Tournament (TGT) mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal sebesar 66,67% pada siklus I dan menjadi 3,33% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan Model Pembelajaran Team Group Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok Pokok Rangka dan Panca Indera Manusia di MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jadi, penerapan Model Pembelajaran Team Group Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang Pokok Rangka dan Panca Indera Manusia di kelas 4 MI Miftahul Huda Bonangrejo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Team Group Tournament (TGT), Hasil Belajar, Pembelajaran IPA Materi Pokok Rangka dan Panca Indera Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:56
Last Modified: 09 Oct 2019 03:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item