ARDIANSYAH, FIRMAN EFFENDI (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA DI KELAS V MI. SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (745kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah : Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Pembelajaran PKn di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui Model Pembelajaran Think Pair Share dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Materi Keputusan Bersama di Kelas V MI. Safinatul Huda Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara. Dari hasil observasi secara langsung di Kelas V, pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran PKn yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di Kelas V MI. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara dengan populasi 37 siswa peserta didik.. Implementasi model pembelajaran Think Pair Share pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah baik terbukti adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa siswa pada setiap siklus. Model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V MI Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar 61.6 atau 30% nilai observasinya sebanyak 32 siswa meningkat pada siklus I nilai rata hasil belajar adalah 72.02 dan nilai observasinya 64% atau 24 siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata mencapai 78 dan nilai observasinya 86% atau 32 siswa dengan kategori baik. Sehingga dari peningkatan pada siklus II tersebut sudah mencapai indikator kebehasilan sebesar 80% (86% > 80%) dengan cukup memuaskan. Kata Kunci : Think Pair Share, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 03:59 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 03:59 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1738 |
Actions (login required)
View Item |