Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING PERSEGI, PERSEGI PANJANG DAN SEGITIGA MELALUI METODE BERVARIASI DAN ALAT PERAGA PADA KELAS IVB SEMESTER I DI MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Anisah, Anisah (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN KELILING PERSEGI, PERSEGI PANJANG DAN SEGITIGA MELALUI METODE BERVARIASI DAN ALAT PERAGA PADA KELAS IVB SEMESTER I DI MI NURUL ITTIHAD BABALAN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasar pada latar belakang maslah bahwa proses pembelajaran Matenatika di MI Nurul Ittihad Babalan ini kurang berjalan efektif dan efesien. Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang klasik salah satunya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan monoton sehingga motivasi siswa lemah. Hal ini menyebabkan prestasi yang dicapai siswa mengalami penurunan. Dari beberapa metodel pembelajaran, ada metode Bervariasi Dan Alat Peraga yang menarik dan dapat memicu peningkatan motivasi siswa . Pada dasarnya, Variasi adalah salah satu cara yang membuat siswa tetap konsentrasi dan termotivasi, sehingga kegiatan pembelajaran senantiasa berjalan dengan dinamis, artinya selalu terjadi berbagai variasi dan inovasi. . Fokus dalam penelitian ini pertama, Bagaimana penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017?. Kedua, Apakah penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Kedua, Untuk mengetahui dampak penerapan Metode Bervariasi Dan Alat Peraga dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Persegi, Persegi Panjang Dan Segitiga kelas IVB Semester I MI Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak tahun 2016/2017. Tehnik Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, tes obyektif dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data, dan (2) penyajian data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan penerapan metode bervariasi dan alat peraga pada mata pelajaran Matematika tentang rumus keliling persegi, persegi panjang dan segitiga dapat meningkan hasil belajar siswa di kelas IVB MI Nurul Ittihad Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti terjadi perubahan peningkatan sebagai berikut: a. Pra siklus rata-rata 52,86, tuntas 21,43%, belum tuntas 78,57%, b. Siklus 1 ratarata 62,50, tuntas 46,43%, belum tuntas 53,57%, c. Siklus 2 rata-rata 74,29, tuntas 92,86%, belum tuntas 7,14% dan d. Siklus 3 rata-rata 81,07, tuntas 100%, belum tuntas 0%. Sedangkan Dampak metode bervariasi dan alat peraga pada mata pelajaran Matematika tentang rumus keliling persegi, persegi panjang dan segitiga dapat meningkan hasil belajar siswa di kelas IVB MI Nurul Ittihad Babalan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 memliki dampak sangat signifikan dalam pembelajaran kontekstual. Hal ini terbukti dari analisa peneliti dari kondisi awal sebelum tindakan sampai pada siklus 3 ketuntasan siswa mengalami peningkatan bahkan 100% siswa dapat tuntas. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Bervariasi Dan Alat Peraga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:38
Last Modified: 08 Oct 2019 02:38
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item