Afiatun, Afiatun (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE AND MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUPKELAS IV DI MI KEBONHARJO SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan dalam bidang pendidikan melalui proses pembelajaran IPA di sekolah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu metode yang digunakan oleh para guru, Masih seringnya guru menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan aktivitas siswa akibatnya hasil belajar siswa yang diperoleh masih rendah. Maka guru perlu mencari inovasi belajar mengajar yang melibatkan siswa agar mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Kebonharjo Semarang pada mata pelajara IPA materi tentang cirri -ciri khusus makhluk hidup melalui penerapan model Make and Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan , pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa kognitif dan afektif, Data hasil belajar kognitif diambil dari nilai tes setiap akhir siklus, Data hasil belajar afektif diperoleh dari lembar observasi dan diskusi. Dari hasil penelitian, hasil belajar kognitif sebelum tindakan masih dibawah rata-rata yaitu 63 dengan presentase ketuntasan 30%. Pada siklus I , nilai tes rerata 69,5 dengan presentase ketuntasan 45 %. Pada siklus II , nilai tes rerata 77,5 dengan presentase ketuntasan 90 %. Hasil belajar afektif pada siklus I, diketahui nilai presentase ketuntasannya 65 %. Pada siklus II, nilai presentase ketuntasannya 80 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make and Match pada materi ciri-ciri khusus makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Kebonharjo Semarang tahun pelajaran 2018/2019.Peningkatkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya nilai rerata dan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II. Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Make and Match dalam pembelajaran IPA dapat membantu siswa membantu siswa dalam proses pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa bisa lebih optimal. Kata kunci : Make and Match, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 06:25 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 06:25 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1735 |
Actions (login required)
View Item |