Umi, Syarifah (2019) PENERAPAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN SURAT AL-KAFIRUN DI KELAS IIA SDIT NURUL IMAN GENUK SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
SDIT Nurul Iman merupakan sekolahan yang ingin mencetak generasi muda yang cinta Al-Qur‟an, sehingga mengharuskan siswanya menghafal juz amma sebelum mereka lulus. Dengan demikian sekolahan tersebut menanamkan nilai-nilai al-Qur‟an. Peneliti memilih meneliti di kelas II, karena belum lancar membaca Alqur‟an. Fokus dalam penelitian ini mendeskripsikan (1) Bagaimana metode Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) pada Qs. Al-kafirun di Kelas II SDIT Nurul Iman Genuk Semarang? (2) Peningkatan membaca Al Qur‟an pada Siswa dengan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) pada Qs. Al-kafirun di Kelas II SDIT Nurul Iman Genuk Semarang? Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Tindakan Kelas (Action Research). Jenis data penelitian yang peneliti gunakan adalah gabungan antara analisis data kualitatif dan kuantitatif atau disebut juga mix method. Subjek dan Objek Penelitian Subjeknya adalah guru mapel Baca Tulis Al Qur‟an. Materinya adalah Surat Al-Kafirun. Sedangkan objeknya adalah siswa kelas II SDIT Nurul Iman Genuk Semarang. Lokasi Penelitian Penelitian ini dilakukan di SDIT Nurul Iman Genuk Semarang. Hasil penelitian Hasil kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan membaca pada mata pelajaran Al Qur‟an kelas IIA SDIT Nurul Iman Genuk Semarang dari mulai tahap prasiklus, siklus I dan siklus II telah mengalami peningkatan dan dikatakan cukup baik setelah dilaksanakannya metode Practice Rehearsal Pairs. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah: a) apabila prosentase aktivitas belajar siswa berjumlah 80% dari jumlah siswa yang telah aktif mengikuti pembelajaran Al Qur‟an. b) apabila sekurang-kurangnya 80% secara Klasikal, siswa telah mencapai nilai sesuai atau melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 7,03. Hal ini dapat ditunjukkan peneliti melalui peningkatan tes dan membaca tiap siklus yaitu pada pra siklus nilai ketuntasan klasikal belajar 26,92% dan nilai rata-rata 4,o3. Meningkat pada siklus I menjadi 65,3o% dan nilai rata-rata 70 dan meningkat pada siklus II sebesar 92,3o% dan nilai rata-rata 7,57 Jadi ada peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Practice Reheasal Pairs dan meningkatkan kemampuan siswa membaca Al Qur‟an. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Al-Qur‟an, Metode Pairs Rehearsal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 04:43 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 04:43 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1727 |
Actions (login required)
View Item |