SITI, MASLAKAH (2019) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SHALAT DI MTs FUTUHIYYAH KUDU SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat di MTs Futuhiyyah Kudu Semarang? (2) Apakah metode demonstrasi efektif dalam pembelajaran shalat di MTs Futuhiyyah Kudu Semarang? Dan (3) Apa problem dan penyelesaiannya pada metode demonstrasi pembelajaran shalat di MTs Futuhiyyah Kudu Semarang? Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi, Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif analistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan Demonstrasi Pada Pembelajaran Shalat di MTs Futuhiyyah Kudu Semarang. Pelaksanaan aktivitas anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran melalui metode demonstrasi shalat sudah berjalan dengan baik, karena siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tidak hanya guru yang aktif menerangkan, tetapi siswa juga belajar secara langsung dan bisa langsung mempraktikkannya dengan melihat guru mempraktikkan shalat terlebih dahulu, yang mana akhirnya mudah untuk diingat oleh siswa (2). Efektifitas metode demonstrasi pada pembelajaran shalat di MTs Futuhiyyah Kudu Semarang Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran shalat lima waktu di MTs Futuhiyyah Kudu Semarang , sesuai, disenangi dan efektif bagi peserta didik, sebab peserta didik lebih mudah memahami dari pada teori yang tidak ada contoh, dan prakteknya dan (3) Upaya guru dan strategi peningkatan kedisiplinan dalam menjalankan shalat lima waktu pada siswa di MTs Futuhiyyah Kudu kota Semarang diantaranya adalah: a. Adanya pelaksanaan shalat dzuhur berjama‟ah secara kontinyu, b. Kepala sekolah, guru-guru dan karyawan mengawasi kegiatan shalat dzuhur berjama‟ah yang sudah terjadwal, c. Anjuran lisan (mengingatkan, penjelasan dan nasihat) secara rutin yaitu pada upacara dan tambahan jam pelajaran khusus agama, d. Kontrolan langsung ke kelas-kelas dan sekitar sekitar gedung sekolah untuk siswa yang tidak shalat, e. Memberi peringatan kepada siswa yang tidak shalat berjama‟ah secara berjama‟ah (hukuman dalam bentuk lisan) Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Efektivias, Shalat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 04:13 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1719 |
Actions (login required)
View Item |