Sayidah, Munawaroh (2019) PEMBIASAAN MEMBACA ASMA’UL HUSNA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTs NU 01 CEPIRING. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dianggap sebagai institusi yang amat penting untuk mewarnai dan mengarahkan proses perubahan di dalam masyarakat. Dengan rumpun pendidikan agama Islam, Khususnya pembelajaran aqidah akhlaq diharapkan siswa melalui pengalaman belajarnya dapat mengetahui, serta mengamalkan nilai nilai ajaran Islam kehidupan sehari-hari. Secara pedagogis, pendidikan agama harus sudah diajarkan sedini mungkin, sejak anak masih kecil. Pembiasaan membaca Asma‟ul Husna memiliki manfaat yang diantaranya untuk membangun kecerdasan spiritual (SQ). Sebab Kecerdasan spiritual (SQ) selalu berperan dalam proses kecerdasan seorang anak didik, khususnya dalam pembelajaran aqidah akhlaq. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) pembiasaan (2) hasil pembiasaan (3) faktor penghambat dan pendukung dalam pembiasaan membaca Asma‟ul Husna di MTs NU 01 Cepiring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) untuk mengetahui pembiasaan membaca asma‟ul husna pada pembelajaran aqidah akhlaq dalam membangun kecerdasan spiritual siswa di MTs NU 01 Cepiring (2) untuk mengetahui hasil pembiasaan membaca asma‟ul husna pada pembelajaran aqidah akhlaq dalam membangun kecerdasan spiritual siswa di MTs NU 01 Cepiring (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan membaca asma‟ul husna pada pembelajaran aqidah akhlaq dalam membangun kecerdasan spiritual siswa di MTs NU 01 Cepiring. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) ketekunan pengamatan (2) triangulasi (3) diskusi teman sejawat. Kesimpulan penelitian menunjukkan : (1) pembiasaan membaca asma‟ul husna dengan cara membaca sebelum memulai pembelajaran aqidah akhlaq (2) hasil dari pembiasaan siswa mampu menyelami akhlak Allah SWT yang terkandung di dalam asma‟ul husna (3) Faktor pendukung dan penghambat membaca Asma‟ul Husna pada pembelajaran aqidah akhlaq yaitu adanya antusiasme siswa yang menunjukkan respon baik dan kurangnya sarana prasarana. Kata Kunci : Membaca Asma‟ul Husna, Pembelajaran Aqidah Akhlaq, Kecerdasan Spiritual
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 04:04 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 04:04 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |