Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN HAFALAN BACAAN SHALAT MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SD ANNIDA YA FATIMAH JEPATLOR TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rohimah, Rohimah (2019) UPAYA PENINGKATAN HAFALAN BACAAN SHALAT MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SD ANNIDA YA FATIMAH JEPATLOR TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan mencakup banyak aspek, mulai dari aspek sosial hingga aspek kerohanian. Aspek kerohanian menjadi suatu hal yang sangat penting karena menjadi pedoman hidup yang hakiki. Aspek ini juga yang memungkinkan kita bertemu dengan sang pencipta. Dalam dunia pendidikan, aspek kerohanian diinterpretasikan melalui banyak cara. Dalam skripsi ini penulis mengulas tentang aspek kerohanian yang berupa sholat. Sholat merupakan rukun islam yang kedua, yaitu salah satu hal yang harus dijalankan orang islam. Dalam hal pendidikan, aspek sholat yang paling penting yaitu hafalan bacaannya. Untuk itu, maka hafalan bacaan sholat perlu dibahas lebih mendalam. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menngguakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi, (2) Tes, (3) Interview (Wawancara), (4) Dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan mencari data awal, mencari titik masalah, Kemudian untuk menganalisis hasil-hasil refleksi dari penelitian ini digunakan teknik deskriptif kualitatif dan pendukung data kuantitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimana pelaksanaan penerapan metode picture and picturedalam upaya peningkatan hafalan bacaan shalat pada siswa kelas II SD Annida Ya Fatimah Jepatlor Tayu Patitahun pelajaran 2017/2018 2) bagaimana peningkatkan kemampuan bacaan shalat siswa melalui metode picture and picturepada kelas II SD Annida Ya Fatimah Jepatlor TayuPati tahun pelajaran 2017/2018.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipenerapan dan peningkatan hafalan bacaan shalat melalui metode picture and picture pada pembelajaran PAI dalam materi menghafal bacaanbacaan shalat pada siswa kelas II SD Annida Ya Fatimah Jepatlor Tayu Pati tahun pelajaran 2017/2018.. Simpulan penelitian dilakukan beberapa tahap: (1) Pelaksanaan penerapan metode picture and picturedilakukan melalui pra siklus, siklus I dan siklus II.(2) Peningkatkan kemampuan bacaan shalat siswa melalui metode picture and picturepada kelas II SD Annida Ya Fatimah Jepatlor TayuPati tahun pelajaran 2017/2018, yaitu ketuntasan belajar keseluruhan meningkat sebanyak 63,16% dan peningkatan nilai rata-rata akhir sebanyak 19,87 poin. Jadi, penelitian ini terbukti melalui metode picture and picture dapat meningkatkan hafalan bacaan shalat siswa kelas II SD Annida Ya Fatimah tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci : Hafalan, Bacaan Sholat, Metode Picture and Picture.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2019 06:37
Last Modified: 03 Oct 2019 06:37
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item