RISALATUL, MUAWANAH (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII B DI MTs AN NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah mata pelajaran yang bersifat lampau, kisah yang terjadi pada zaman terdahulu, dan sulit sekali di terima oleh peserta didik apabila penyampaiannya hanya bercerita saja, peserta didik akan sulit untuk mengingatnya. Untuk meningkatkan hasil belajar dibutuhkan sebuah media, salah satunya adalah media audio visual. Sedangkan Media Audio Visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Media audio visual merupakan peralatan yag digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indera penglihatan dan pendengaran berdasarkan pengertian- pengertian yang telah diberikan. Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran SKI untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B di MTs An Nidham Kalisari Sayung Demak, (2) Apakah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B di MTs An Nidham Kalisari Sayung Demak. Sehingga peneliti akan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dengan (1) wawancara, (2) observasi, (3) tes, (4) angket dan (5) dokumentasi. Metode analisis data dengan kuantitatif berupa data-data yang disajikan berdasarkan angka maka analisis yang digunakan adalah prosentase dan digunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) Setelahdilaksanakannya penelitian yaitu dengan melaksanakan pembelajaran SKI di kelas VII B MTs An Nidham Kalisari Sayung Demak dengan menggunakan media audio visual, hasil belajar peserta didik dapat meningkat, bukan hanya hasil belajar akan tetapi aktivitas peserta didik dan keterampilan guru juga men ingkat. (2) Dalam pembelajaran SKI menggunakan media audio visualpeserta didikdapat memahami, menyimpulkan, belajar aktif dan juga menyenangkan. Dengan demikian, hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran SKI dapat meningkat. Kata Kunci : Media, Audio visual, Pembelajaran, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:34 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1711 |
Actions (login required)
View Item |