Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI METODE GALLERY WALK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH INFARUL GHOY SEMARANG

Fatikhatul, Hidayah (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI METODE GALLERY WALK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH INFARUL GHOY SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran terdapat berbagai komponen yang menentukan keberhasilannya, seperti tujuan, materi, metode, guru, sarana prasarana dan sebagainya. Dalam mencapai tujuan pembelajaran dibutuhkan peran seorang guru yang profesional agar materi yang disampaikan dapat diserap siswa. Adapun langkah- langkah yang diambil oleh seorang guru agar dapat mencapai tujuan kegiatan pembelajaran salah satunya adalah penggunaan metode mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran Fiqih melalui metode Gallery Walk di kelas VII MTs Infarul Ghoy Semarang, (2) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Infarul Ghoy Semarang setelah menggunakan metode Gallery walk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi, lembar wawancara, lembar soal tes dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi (aktifitas siswa) dan tes formatif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Infarul Ghoy Semarang yang berjumlah 20 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Infarul Ghoy Semarang dapat dilihat pada hasil nilai evaluasi pada tahap persiklus. Nilai yang didapat dari evaluasi pada pra siklus adalah rata- rata kelas 61, siklus I adalah 70 , siklus II adalah 79 dan ketuntasan klasikal pada pra siklus 20%, siklus I adalah 55% dan pada siklus II adalah 85%. Hal ini berarti ketuntasan klasikal telah melebihi indikator keberhasilan yaitu sudah diatas 80%. Kata Kunci: Peningkatan Prestasi Belajar, Metode Gallery Walk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Oct 2019 02:46
Last Modified: 02 Oct 2019 02:46
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item