SISWANTO, SISWANTO (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH MELALUI MODIFIKASI LAPANGAN PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Mranggen bahwa dalam proses pembelajaran teknik servis bawah bola voli belum maksimal dan belum mencapai ketuntasan dalam pelaksanaannya. Di samping itu, nilai siswa dalam materi teknik servis bawahbawah bola voli masih banyak yang di bawah batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Melihat hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli yang masih rendah maka perlu adanya penggunaan pembelajaran dengan modifikasi lapangan pada permainan bola voli untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Servis bawah bola voli melalui modifikasi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan metode pengumpulan data tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mranggen Demak Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil peningkatan pada siklus I Aspek kognitif, Afektif dan Psikomotor pretest 44 % meningkat pada siklus I posttest 46 % jadi rerata siklus I adalah 44 %, karena rerata pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan yaitu 75% maka dilakukan pembenahan pada siklus II. Hasil tes pada siklus II aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada siklus II pretest 74,32 % dan posttest siklus II 79,11% jadi rerata siklus II sebesar 79 %. Berdasarkan hasil rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 32 % pada pembelajaran Servis bawah bola voli melalui modifikasi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa modifikasi lapanagn dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli secara signifikan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti bahwa model pembelajaran dengan menggunakan modifikasi lapangan dapat menjadi alternatif yang digunakan oleh guru penjasorkes dalam penyampaian materi servis bawah pada bola voli. Kata Kunci :Modifikasi lapangan bola voli, servis bawah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 02:06 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 02:06 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1427 |
Actions (login required)
View Item |